Jangan Lakukan 7 Hal Ini Jika Kamu Sedang Skripsi

skripsi di indonesia

Skripsi atau Tugas Akhir adalah hal krusial yang sering dihadapi banyak Mahasiswa di Indonesia, tak jarang Tugas Akhir menjadi momok yang menghantui bagi banyak mahasiswa tingkat akhir.

Khususnya mahasiswa yang masuk pada jurusan IT, selain harus menyelesaikan paper, merek ajuga harus membuat program, sistem atau app yang diciptakan untuk menunjang kelulusannya.

Nah, agar Skripsi/Tugas Akhirmu lancar, aman dan terkendali, saya akan memberikan tips yang harus kamu hindari.

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk menghadapi skripsi, seperti:

PC atau Laptop: Dengan PC atau Laptop kamu bisa menggunakannya untuk mengerjakan proposal, paper, karya ilmiah dan juga program yang harus kamu siapkan agar segera wisuda.

Koneksi Internet Yang Stabil: Agar skripsimu berjalan lancar, kamu membutuhkan koneksi internet yang bisa memudahkanmu melakukan riset, mencari data dan informasi.

Tempat yang Nyaman: Agar proses mengerjakan skripsimu dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya jika kamu bisa memiliki tempat yang sesuai dengan budaya belajarmu, mungkin ditempat yang tenang dan sepi, warung coffee atau di kos-kosan.

Biaya yang Cukup: Dengan mempersiapkan budget, hal ini akan mempermudah proses pengerjaan skripsimu, sehingga kamu tidak akan repot untuk mencari uang disaat pertengah pengerjaan skripsimu.

Perlengkapan Tambahan: Saat mengerjakan skripsi kamu akan membutuhkan Printer untuk mencetak proposal, paper atau karya ilmiahmu, namun jika budgetmu tidak memadai kamu bisa mencetak dokumenmu ditempat printer langgananmu.

Selain itu kamu bisa mempersiapkan earphone bagi kamu yang nyaman bekerja sambil mendengarkan musik, pulpen, pensil, berkas-berkas penjunjang paper, scanner hingga pesiapan jadwal yang tepat.

Jika Hal-hal tersebut sudah memadai, kamu bisa memulai jadwal skripsi.

Selanjutnya, saya jabarkan hal-hal yang harus kamu hindari disaat kamu menjalankan misi tugas akhir yang bisa menuntunmu menuju ke jenjang wisuda yang sakinah, mawaddah, warohmah.

Berikut 7 hal yang wajib kamu hindari saat mengerjakan skripsi atau tugas akhir:

1. Tidak Mengenal Dosen Pembimbingmu

Ya, banyak mahasiswa yang menjalankan tugas akhir tetapi tidak mengenal siapa dosen yang membimbingnya.

Padahal dosen pembimbing adalah orang yang harusnya sering ditemui saat proses pengerjaan skripsi hingga selesai, mereka yang akan memberikan saran dan masukan(revisi) agar skripsimu mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya kamu mengenal dan membuat strategi PDKT dengan dosen pembimbingmu.

2. Tidak Memiliki Kontak Dosen Pembimbingmu

Selain mengenal, sudah selayaknya kamu memilki kontak dengan dosen pembimbingmu, sehingga memudahkanmu untuk mengatur waktu atau membuat janji temu bimbingan.

Dengan memiliki kontak dari setiap dosen pembimbingmu, kamu bisa menghemat waktu tanpa harus takut merasa di-PHP dosen karena kamu sudah repot-repot ke kampus, akan tetapi saat ingin ketemu ternyata dosen tersebut sedang absen, sedang rapat atau mungkin sedang sibuk.

3. Tidak Menyusun Jadwal

Selanjutnya, kamu bisa bertanya ke dosen pembimbingmu tentang waktu kosongnya, di hari apa mereka bisa ditemu, di jam-jam berapa kamu bisa melakukan bimbingan, sehingga kamu dapat mengatur waktu yang sesuai dan bertemu tanpa banyak membuang waktu dan menunggu.

4. Tidak Memiliki Inisiatif

Misalnya, kamu bisa membuat group diskusi khusus kepada teman-temanmu yang sama-sama sedang skripsi dengan dosen pembimbing yang sama, sehingga kamu bisa berbagi informasi jadwal, proses bimbingan dan cara mudah untuk mengerjakan skripsi.

Selanjutnya, banyak juga mahasiswa yang bingung menyusun skripsi dengan format yang tepat, padahal pihak kampus telah menyediakan standart penulisan tugas akhir yang bisa kamu download diwebsitenya.

5. Tidak Mempersiapkan Judul Skripsi

Bagaimana mau memulai tapi judulnya aja tidak tau??? ah kamu…

6. Terlalu Santai

Buang jauh-jauh sifat yang kurang baik, terlalu santai dapat membawamu kepada masa di mana kamu harus nambah satu atau lebih semester untuk lulus hingga wisuda.

7. Tidak Teliti

Ketelitian juga hal penting yang kamu perliapan untuk memperlancar misi penyelesaian skripsimu.

Nah, setelah kamu menerapkan persiapan dan menghindari 7 hal tersebut, maka dengan izin Allah skripsimu akan berjalan lancar.

Semoga kamu  lekas wisuda nak.

2 Replies to “Jangan Lakukan 7 Hal Ini Jika Kamu Sedang Skripsi

  1. Kadang kreatifitas kita seolah olah bertengkar dengan kemauan untuk mengerjakan skripsi. Ternyata itu hanya pemikiran random belaka, skripsi tetap wajib dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *