Istilah digital marketing yang wajib kamu pahami

istilah istilah pada digital marketing

Istilah digital marketing yang wajib kamu pahami karena terkadang kita menemukan beberapa istilah yang mungkin membuat kamu pusing, dengan artikel ini pastinya bisa membantu disaat bingung dan mengerti dengan berbagai macam istilah-istilah digital marketing yang membingungkan.

Istilah Digital Marketing

Pada era digital ini pastinya kita sering melihat berbagai macam istilah seperti ROI(return on investment), CPC(cost per click), CTR(click through rate), KPI(key performance indicator) dan banyak hal lainnya.

Hal ini kadang membuat kita bingung, sehingga kita perlu memahami istilah-istilah tersebut hingga dapat memahami data yang kita dapatkan untuk menjadikannya sebagai acuan untuk bergerak.

Digital marketing pastinya memiliki berbagai macam strategi mulai dari SEO, PPC, social media marketing hingga email marketing, masing-masing strategi memiliki istilah-istilah yang sulit dipahami jika kamu tidak memulai untuk mempelajarinya.

Pada artikel ini saya akan mencoba untuk menjabarkan secara rinci tentang istilah dalam dunia digital marketing.

Bebera isitlah juga saling berhubungan dengan masing-masing strategi, sediakan waktumu untuk fokus memahaminya dari sekarang.

Istilah Digital Marketing: KPI singkatan dari Key Performance Indicator

KPI dibutuhkan pada setiap tipe strategi digital marketing, dan dunia bisnis juga pastinya sering menggunakan istilah KPI ini karena manfaatnya yang sangat bagus, KPI memungkinkan kita dapat mengukur suatu metode dengan target tertentu, KPI bisa di implementasikan untuk menganalisa berbagai macam data, mulai dari pengunjung website, CTR, rate engagement media sosial, nounce rate, ROI dan sebagainya.

Contoh: KPI jumlah pengunjung website dalam waktu satu bulan

Istilah Digital Marketing: CPA singkatan dari cost per acquisition

CPA atau biaya perakuisi merupakan metrik yang bisa menghitung berapa biaya yang perlu kita keluarkan untuk mendapatkan seorang konsumen. kamu bisa menghitung biaya tersebut dengan membagi total jumlah penjualan dengan total jumlah biaya yang kamu keluargkan sebagai budget marketing.

Maka hasil dari perhitungan tersebut menjadi tootal biaya yang kamu butuhkan untuk bisa mendapatkan satu customer atau konsumen.

Nah selanjutnya kita bisa mengambil kesimpulan dari hasil tersebut, apakah biaya yang dikeluarkan cukup tinggi? apakah masih sesuai dengan margin yang didapatkan? apakah tepat dengan budget marketing setiap bulannya? jika terlalu tinggi maka kita bisa mempertimbangkan kampanye iklan yang lebih baik.

Istilah Digital Marketing: LAA singkatan dari Lookalike Audience

LAA atau marketer di Indonesia juga sering menyebutkan dengan istilah LLA, biasanya digunakan pada facebook ad dengan cara mengupload data konsumen seperti No. HP atau email ke sistem facebook, setelah itu Facebook akan mencarikan kita calon konsumen baru yang perilakunya mirip dengan audiences yang sudah kita miliki.

Misal kamu sudah memiliki ratusan database konsumen yang pernah membeli pemutih kulit, nah maka kamu akan dengan mudah untuk bisa mendapatkan komsumen baru dengan memanfaatkan data yang kamu punya, cukup kerenkan?

Maka tak heran kita sering mendengar istilah data adalah segalanya.

Jika kamu masih baru memulai, kamu bisa mencoba untuk membuat kampanye untuk mendapatkan database konsumen baru dengan berbagai strategi digital marketing.

Istilah Digital Marketing: A/B Testing

Selanjutnya adalah strategi yang cukup keren juga, beberapa marketer juga sering menyebutnya dengan istilah split test.

Saat kita memulai kampanye iklan, ada baiknya dan sangat disarankan untuk melakukan split test, yang artinya kita harus membuat 2-3 iklan yang mirip untuk mendapatkan iklan mana sih yang berjalan dengan baik.

Misalnya, saat kita membuat iklan di facebook, pastinya kita perlu mengetahui ad copy atau materi iklan mana yang terbaik, atau audience mana yang paling suka berbelanja di toko kamu, dengan split test kamu akan bisa mendapatkan kampanye iklan terbaik.

Dengan split test juga membantu kita menargetkan iklan kepada orang yang tepat, setelah kita mendapatkan iklan yang terbaik, nah kita tinggal mematikan iklan-iklan lain yang tidak memiliki performa maksimal.

Setelah itu, tinggal scale up deh iklan yang perfom dengan baik, atau sering disebut dengan winning campaign.

Sttt! bocoran, A/B testing juga bisa di implementasikan pada email marketing untuk mendapatkan kampanye email terbaik.

CPI singkatan dari Cost Per Impression

CPI merupakan istilah yang digunakan untuk menghitung berapa sering iklan kamu muncul dan ditampilkan kepada audience baik hanya sekedar dilihat saja maupun berinteraksi.

istilah ini juga mirip dengan sistem facebook ad yang menggunakan kata “reach”, namun reach lebih mengindikasikan kepada seberapa sering iklan anta dilihat oleh konsumen.

CPI membantu kita dalam mengenalkan brand kepada masyarakat, faktanya seseorang biasanya baru bisa mengingat brand kita setelah pernah melihat iklan kita lebih dari 7x(tujuh kali).

Istilah Digital Marketing: Lead Generation

Atau sering juga disebut dengan lead magned, istilah ini digunakan untuk kondisi bagaimana kita bisa memancing perhatian konsumen, banyak cara yang sering dilakukan marketer untuk memaksimalkan strategi ini, misalnya dengan memberikan give away/hadiah, ebook gratis, template gratis, penggunaan produk trial dan lainnya.

Berbagai software dan tool untuk lead magned juga banyak beredar, dengan tool ini kita bisa menganalisa konsumen seperti apa yang suka dengan penawaran yang kita berikan, dari hal-hal yang kita ber memungkinkan kita menukar dengan informasi konsumen seperti Email dan Np. HP.

Lead magned juga biasanya dipadukan dalam sales funnel, sehingga proses marketing tersistem secara otomatis.

CTR singkatan dari Click Through Rate

Saat menjalankan iklan di media sosial seperti facebook maupun instagram, kita akan melihat data yang menunjukkan seberapa banyak iklan kita di klik oleh calon konsumen/user, untuk mendapatkan data CTR maka kita harus membagi total klik tadi dengan jumlah tampilan atau impression, lalu jadikan hasil tersebut dalam sebuah persen.

Misal kita rumuskan:
CTR=x
Total klik=A
Total impression=B

Dengan data sampel:
x= x
A= 30
B=1000

Maka 30/1000= 3%
CTR= 3%

Sampai disini dulu artikel tentang Istilah digital marketing yang wajib kamu pahami, masing banyak istilah-istilah digital marketing yang perlu kamu ketahui, agar tidak terlalu panjang, akan saya sampaikan pada artikel selanjutnya, semoga membantu dan jangan lupa praktek 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *