Belajar digital marketing untuk pemula

apa pentingnya digital marketing?

Belajar digital marketing ditahun ini?

Digital marketing atau pemasaran digital dewasa ini menjadi salah satu bidang ilmu yang banyak dicari.

Faktanya, pada 2-3 tahun sebelum saya menulis artikel ini, lowongan kerja digital marketing masih sulit untuk ditemukan di Indonesia.

Namun pada saat ini, kita sering menemukan berbagai perusahaan yang membutuhkan posisi digital marketing untuk menunjang sales(penjualan) pada perusahaannya.

Di Instagram, linkedin, jobstreet dan berbagai situs lowongan pekerjaannya lainnya sudah sering saya temukan perusahaan yang mencari posisi digital marketing ini,

maka ilmu digital marketing menjadi bidang yang semestinya memberikan kamu peluang untuk berkarir atau untuk kamu yang ingin mempraktekannya sendiri untuk diterapkan ke bisnis.

Secara sederhana digital marketing sama dengan marketing seperti biasa, bedanya digital marketing menggunakan teknologi sebagai sarana komunikasi untuk memasarkan produk dan jasa kita.

Mulai dari pemanfaatan teknologi internet, mesin pencari seperti google, berbagai media sosial, email hingga website untuk dapat berinteraksi dengan konsumen dan menjaring prospek-prospek baru.

Dengan luas dan tak terbatasnya perkembangan teknologi dan internet hari ini, maka akan sangat sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkan peluang ini untuk menjangkau dan mendapatkan konsumen-konsumen baru melalui internet dengan belajar digital marketing.

Marketing selalu berbicara tentang bagaimana bisa meningkatkan penjualan bisnis dengan terhubung kepada konsumen pada waktu yang tepat dan saat yang tepat.

Di internet, kamu bisa menjangkau mereka tanpa batasan waktu maupun tempat, 24 jam dimanapun mereka berada selagi masih terhubung dengan internet.

Saya akan berbicara banyak hal tentang digital marketing yang memang terbukti sangat efektif untuk menjaring lebih banyak konsumen, mendapatkan konsumen baru dan berinteraksi atau menjaga hubungan dengan konsumen.

Beberapa orang juga menyebutkan digital marketing dengan inbound marketing yang secara sederhana terlihat sama, hanya memiliki sedikit perbedaan.

Defenisi digital marketing

Banyak ahli dan praktisi yang memiliki pengertian digital marketing dengan caranya masing-masing.

Namun secara umum digital marketing dapat di artikan dengan strategi, taktik dan alat yang kita gunakan untuk bisa terhubung dan berinteraksi dengan konsumen.

Dimana konsumen tersebut menghabiskan waktu paling banyak: yaitu online.

beberapa orang yang sudah memiliki website, memasang iklan digital, membuat brosur/iklan/listing di internet hal tersebut juga bisa dikatakan bagian dari digital marketing.

Lihat link berikut untuk memahami pengertian digital marketing secara lengkap:
Pengertian digital marketing

Contoh Strategi digital marketing

Pelaku digital marketing yang baik adalah yang memiliki gambaran yang jelas tentang strategi yang tepat untuk bisa membantu suatu bisnis dalam mencapai goal-goal perusahaan.

Dengan goal tersebut, seorang digital marketer bisa membantu meningkatkan sales atau penjualan perusahaan dengan kampanye dan strategi yang dibangun dengan berbagai jenis traffic digital.

Misalnya strategi content marketing, dengan membuat artikel berkelanjutan di blog untuk membantu suatu market dengan memberikan ebook sebagai pemicu.

Atau dengan social media marketing yang bisa membantu meningkatkan traffic website dengan cara organic/SEO maupun berbayar/PPC Ad seperti google ad maupun facebook ad.

Atau mungkin juga dengan strategi email marketing dengan membuat funnel yang dapat membantu menyelesaikan masalah market yang mereka bidik untuk menjadi konsumen.

Berikut ini beberapa cara ampuh dan terbukti yang sering digunakan pelaku digital marketing untuk meningkatkan sales.

Optimasi Mesin Pencari(SEO)

Hal ini sering juga disebut dengan SEO yang merupakan singkatan dari search engine optimization dan perlu kamu pahami jika ingin belajar digital marketing,

SEO adalah proses untuk mengoptimasi suatu website agar mendapatkan ranking pada hasil pencarian dengan kata-kunci tertentu.

SEO memang termasuk strategi yang terbilang gampang-gampang susah, karena tidak ada aturan pasti dalam implementasinya, namun banyak strategi yang terbukti berhasil yang nantinya dapat kamu terapkan.

Hal yang perlu disiapkan untuk impelementasi SEO bisa meliputi:

  • Website
  • Blog
  • Infografis
  • Gambar
  • Serta video

Content Marketing

Selanjutnya adalah content marketing yang merupakan bagian dari digital marketing untuk mulai membangun kesadaran merek, meningkatkan pengunjung website dan media sosial, mendapatkan prospek baru hingga menjadi konsumen,

Sangat penting untuk kamu yang ingin belajar digital marketing.

Content marketing bisa berupa:

  • Artikel blog
  • Ebook
  • Infografis
  • Brosur online
  • Copywriting
  • Video

Silahkan lihat pada halaman berikut ini untuk mempelajari strategi pembuatan konten yang lengkap:
Proses pembuatan konten yang baik dan benar

Social Media Marketing

Hal ini digunakan untuk mempromosikan brand, produk dan jasa yang kamu tawarkan melalui media sosial untuk mengikatkan brand awareness/kesadaran merk sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengenal brand kamu, mendapatkan traffic atau pengunjung baru yang bisa menjadi leads(prosepek) untuk bisnismu yang antinya menjadi konsumen.

Media sosial yang dapat kamu gunakan adalah:

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Snapchat
  • Linkedin
  • Pinterest

Periklanan Berbayar/Pay Per Click

Iklan ini juga sering digunakan praktisi digital marketing baik luar maupun dalam negri, karena efesiensi dalam menjangkau market baru dengan investasi yang terbilang sangat murah, penting untuk kamu yang sedang belajar digital marketing.

Pay Per Click Ad atau sering disebut PCC adalah metode atau strategi untuk mendapatkan pengunjung website baru pada saat iklan kamu dilihat dan diklik, beberapa platform yang menyediakan layanan ini adalah Facebook ad dan Google ad.

Email Marketing

perusahaan sering menggunakan email marketing untuk bisa berkomunikasi secara intens dengan marketnya, email marketing sering digunakan untuk mempromosikan produk baru, diskon dan promo secara langsung.

Strategi email marketing bisa berupa:

  • Email pengingat/follow up kepada konsumen
  • Email untuk ucapan selamat datang atau bergabung
  • Email untuk konfirmasi pembayaran
  • Diskon dan promosi pada hari-hari besar

Lalu,Apa yang biasanya dilakukan oleh seorang digital marketer?

Dari hal-hal yang sudah dijabarkan diatas seputar digital marketing, maka tugas-tugas yang harus di lakukan seorang digital marketer adalah mengenalkan brand kepada calon konsumen untuk mengenal brand dan menjadi konsumen melalui media digital, baik itu secara gratis atau organik maupun berbayar(paid traffic).

Media digital yang digunakan termasuk media sosial, website, SEO, email marketing, display advertising dengan google ad dan sejenisnya dan blog.

Seorang digital marketer biasanya menggunakan berbagai KPI(key perfommance indicator) untuk dapat menganalisa dan menilai data yang masuk pada setiap channel untuk dapat menilai performa yang telah dilakukan.

Misalnya, dalam menggunakan strategi optimasi mesin pencarian/SEO seorang digital marketer perlu menggunakan KPI dengan melihat pengunjung website bulanan & harian, bounce rate, konversi dll.

Digital marketing juga dapat dibagi dengan berbagai kriteria, untuk dapat memaksimalkan strategi digital marketing akan lebih baik jika sebuah perusahaan memiliki beberapa role atau spesialis pada masing-masing channel.

Dengan begitu, proses dan implementasi digital marketing akan dapat dilakukan dengan cara lebih fokus, produktif dan terukur, beberapa diantaranya adalah:

SEO Specialist

KPI utama: Meningkatkan traffic/pengunjung website dan blog secara organik, secara singkat seorang seo specialist berarti bertanggung jawab dalam membuat website mendapatkan ranking pada hasil pencarian google, dengan berbagi strategi optimasi, baik SEO on page maupun seo off page

Seorang SEO specialist bekerja dengan seorang pembuat konten atau penulis artikel untuk memastikan konten yang mereka buat sesuai dengan kebutuhan market sehingga dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi market/konsumen.

Content Marketing Specialist

KPI Utama: waktu kujungan halaman web, jumlah pengunjung website, content marketing specialist juga bisa disebut dengan content creator yang bertanggung jawab memproduksi konten baik berupa artikel, copywriting, gambar, infografis hingga video.

Social Media Specialist

KPI utama: Pengikut, impression, jangkauan, share, tugas seorang social media specialist pastinya bertugas untuk memproduksi konten pada media sosial baik facebook, instagram, twitter dll sesuai kebutuhan perusahaan,

Tidak hanya itu, social media specialist pastinya perlu memahami konsep dalam penulisan yang dapat memancing interaksi, juga gambar visual yang menarik, bagian ini pastinya sangat berhubungan dengan seorang content marketing specialist untuk dapat membuat strategi yang sesuai dan seragam dengan kampanye yang ditentukan bersama.

Apakah Digital Marketing bisa diterapkan untuk semua bisnis?

Tentu, digital marketing bisa diterapkan untuk hampir semua bisnis dan industri, selagi target market bisnis tersebut online, maka strategi digital marketing pastinya dapat diterapkan.

Dengan membangun sebuah buyer pesona kamu dapat mengidentifikasi konten seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen kamu.

Apasih keuntungan menerapkan strategi digital marketing?

Tidak seperti penerapan marketing tradisional, digital marketing memungkinkan kamu dapat melihat data secara akurat dan realtime, dengan begitu kamu dapat dengan mudah menilai efektivitas suatu iklan atau kampanye.

Bayangkan jika misalnya kamu menggunakan periklanan dengan koran, akan sangat sulit sekali untuk mengestimasi nilai sebenarnya sebarapa banyak orang yang dijangkau, orang yang melihat dan orang yang tertarik dengan iklan kamu pada koran tersebut.

Dengan digital marketing, semua itu bisa di atasi, sehingga budget yang kamu keluarkan pastinya dapat digunakan secara optimal.

Berikut ini beberapa contohnya:

Website Traffic

Dengan digital marketing, kamu dapat melihat dengan pasti berapa orang yang telah mengunjungi website kamu dengan bantuan software analisis, saya biasa menggunakan google analytics yang sampai saat ini google memberikan secara gratis.

Selain itu kamu juga bisa melihat berapa halaman yang dikunjungi oleh seseorang, handphone yang mereka gunakan, berapa banyak pengunjung menghabiskan waktu pada website kamu, dari mana asal pengujung dll.

Dengan informasi tersebut pastinya sangat membantu kamu untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya, dan menentukan prioritas strategi mana yang harus lebih di genjot atau dihentikan.

Performa dan hasil iklan

Banyangkan jika kamu membuat brosur dan menyebarkannya, setelah tersebar yang menjadi masalah adalah kita tidak tahu berapa orang yang membaca dan tertarik dengan penawaran kamu, atau bahkan hanya menerima lalu tanpa babibu brosur tersebut dalam hitungan detik langsung masuk ke tong sampah? sering terjadikan?

Sekarang coba banyangkan jika kita membuat iklan di facebook, kita bisa melihat berapa banyak orang yang melihat, berinteraksi dan tertarik dengan iklan tersebut.

Dengan analisis yang tepat, pastinya kita dapat dengan mudah menentukan arah marketing, mana yang perlu ditingkatkan, mana yang perlu di optimalkan, mana yang tidak berjalan dengan baik, semua data bisa bermanfaat untuk bisa menjadi informasi yang menentukan langkah-langkah marketing selanjutnya.

Content seperti apa yang cocok dengan saya?

Berbicara tentang konten pastinya berhubungan dengan konsumen seperti apa yang kamu bidik. dibutuhkan analisa yang jelih untuk bisa memproduksi konten yang tepat, kamu dapat mempelajari tentang target market dan buyer persona untuk dapat mengetahui secara mendalam target market yang sesuai dengan bisnis kamu.

Baca tentang: Cara membuat konten dengan panduan lengkap dan mudah

Lalu, dengan informasi yang sudah kamu dapatkan, kita tinggal membuat konten yang menarik bagi konsumen dap membuat content mapping untukĀ  memudahkan.

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk bisa membuat content mapping yang tepat:

Karakteristik orang yang akan menikmati konten yang kamu produksi, bagaimana seseorang tersebut dapat berinteraksi dan berbelanja pada bisnis kamu baik itu penawaran produk maupun jasa,

Untuk format seperti apa yang perlu kamu siapkan, akan banyak sekali, kamu hanya perlu mencoba salah satunya untuk dapat di implementasikan dengan fokus.

Agar lebih jelas, berikut saya berikan gambaran singkat bagaimana seseorang calon konsumen bisa mengenal brand kamu hingga dia benar-benar membeli sesuatu dari kamu.

Tahap Perkenalan

Artikel blog, sangat baik untuk meningkatkan pengunjung organik yang di padukan dengan SEO yang baik dan analisa kata kunci yang tepat

Infografis, sangat mudah dan berpotensi utk viral karena mudah untuk dibagikan

Video singkat, dan lagi akan sangat mudah dibagikan jika konten kamu mengena dan bermanfaat bagi calon market kamu, video bisa kamu distribusikan pada instagram maupun youtube

Tahap pertimbangan

Ebook, sangat baik untuk bisa mendapatkan lead/prospek, seperti No HP dan Email, ebook gratis dapat kamu tukarkan dengan informasi yang diberikan konsumen kepada kamu

Webinars, webinar pastinya bisa membantu kamu untuk dapat berinteraksi dengan calon target market sehingga membantu mereka dalam membangun kepercayaan kepada brand kamu

Tahap penetuan

Studi kasus, membuat studi kasus dengan detail pada website ataupun akun media sosial akan sangat efektif untuk mereka yang sudah percaya dengan kamu dan siap untuk membeli sesuatu dari kamu

Testimoni, strategi tidak pernah ketinggalan karena pastinya sangat efektif untuk membangun kepercayaan, testimoni teks, foto dan video akan sangat membantu target market dalam mengambil keputusan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil dari digital marketing?

Dengan digital marketing, bahkan bisa memberikan kamu hasil pada hitungan jam jika kamu menggunakan paid advertising seperti PPC yang dapat berupa facebook ad, google ad dan lainnya.

Jika kamu sudah membangun target market dan buyer persona untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen, maka kamu tinggal fokus dalam membuat konten-konten yang berkualitas untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sering dihadapi oleh konsumen.

Walau menggunakan paid advertisisng sudah bisa membantu, saya sangat merekomendasikan kamu untuk juga memanfaatkan strategi SEO, social media marketing dan email marketing untuk optimasi dan menjaga kestabilan sales perusahaan kamu dalam jangka panjang.

Apakah saya membutuhkan budget/modal yang besar untuk penerapan digital marketing?

berbicara budget maka tergantung dengan strategi apa yang akan kamu terapkan.

Jika kamu fokus dengan strategi SEO, media sosial dan pembuatan konten maka pastinya kamu tidak membutuhkan budget yang banyak, kamu hanya perlu investasi waktu untuk belajar digital marketing atau kamu dapat membangun tim untuk proses yang lebih cepat.

Namun jika kamu menggunakan iklan berbayar, pastinya kamu perlu mempersiapkan budget, semakin besar budget yang kamu sediakan pastinya semakin besar pula market yang dapat kamu jangkau dengan iklan berbayar seperti google ad maupun facebook ad.

Saya siap untuk menerapkan digital marketing, bagaimana selanjutnya?

Waktunya kamu menginvestasikan waktu untuk mempelajari digital marketing, jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup kamu dapat membangun tim atau bekerja sama dengan agency yang dapat membantumu untuk implementasi digital marketing.

Ada pertanyaan? jangan sungkan tinggalkan komentar, semoga sukses dan strategi digital marketing ini dapat membantumu dalam belajar digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *