Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog: Lengkap

Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog

Tak jarang saat kita sedang asik berimajinasi disuatu tempat yang nyaman dan masuk pada zona tingkat syukur yang sangat tinggi kita mendapatkan banyak ide maupun bisikan-bisikan brilian yang seolah-olah booom, ternyata ini yang kucari selama ini sehingga mudah untuk mencari Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog.

Tapi…. Tungu dulu, saat kita ingin menulis sesuatu, tiba-tiba kita juga seolah-olah lupa ingin menulis apa, bahkan judul saja pun enggak tau.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? dilansir dari situs hallosehat, hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya dikarenakan merasa cemas yang berlebihan, sedang berada pada mode multitasking atau juga anda sedang berjalan berpindah ruangan.

Lalu bagaimana solusinya?

Kita hanya membutuhkan sedikit panduan untuk dapat melewati masalah kecil tersebut, mengapa?:
– Karena hal tersebut akan melatih otak anda untuk lebih fokus dari sebelumnya
– Karena dapat memberikan panduan yang bisa langsung anda praktekan
– Bisa memberikan ide yang luar biasa walaupun anda tidak menyadarinya sama sekali pada awalnya

Nah di artikel perdana ini saya akan memberikan alternatif yang dapat akan lakukan disaat ingin menulis blog namun tiba-tiba anda melupakan topiknya.

Berikut saya berikan 20+ Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog:

langkah Pertama: Hal yang perlu dilakukan saat lupa ingin menulis apa
Yang anda butuhkan adalah ide, ide yang sangat banyak, karena anda bukan akan menulis untuk sekali saja, akan tetapi berulang kali, untuk besok, lusa, seminggu kemudian ataupun hingga tahun depan.

Mulai lah membuat catatan atau notes tentang ide-ide yang datang, saya biasa memanfaatkan google doc, notes di hp ataupun trello, semuanya dapat anda gunakan secara gratis.

Langkah Kedua: Berikut 30+ tips dan ide menulis artikel yang telah saja janjikan
1. Buat satu panduan yang sangat anda kuasai dan pastikan berikan link ke website sejenis lalu mention mereka setelah konten dipublish, ya bisa jadi di kasih backlink juga kan?.

2. Lakukan riset pada suatu hal yang anda kuasai, lalu jabarkan ide tersebut sehingga dapat menjadi sebuah konten yang menarik sebagai Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog

3. Bagikan sebuah data yang menarik dengan infografik, karena orang-orang sangat senang sekali jika membahas sesuatu berdasarkan fakta, dan pastikan data yang sedang anda bahas topik yang lagi ramai dibicarakan khalayak ramai.

4. Membuat quotes atau kata-kata inspirasi yang sesuai dengan niche blog yang anda miliki, selain sebagai motivasi visitor anda juga akan lebih bersemangat lagi saat menulis blog.

5. Buat tutorial secara mendetail disaat anda ingin membuat sesuai, dari hal yang perlu dipersiapkan hingga kepada hasil yang maksimal.

6. bagikan trik atau tips yang anda gunakan untuk mencapai sebuah goal yang telah anda lewati.

7. Buat template atau konsep penulisan, sehingga disaat anda ingin menulis hal tersebut akan mempersingkat waktu sehingga anda dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

8. Beritahukan orang lain bagaimana cara anda menghasilkan uang dengan membuat blog atau menulis blog.

9. Jelaskan kepada pengunjung setia blog anda cara untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik dan lebih cepat.

10. Ingat siapa orang yang memberikan inspirasi atau yang menginspirasi hidupmu, laku buatlah konten post yang inspiratif untuk pengjunjung blog anda.

11. Sedang ingin berliburan? buat konten tentang tips untuk berliburan atau hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan momen liburan yang berkesan.

12. Buat post inspiratif tentang blog yang sejenis dengan blog anda, hubungi dan buat jadwal wawancara kepada mereka, lalu jadikan sebuah post di blog untuk memberikan inspirasi kepada orang lain.

13. Coba untuk mendapatkan pengalaman baru dengan membuat jenis konten yang lain, dengan membuat video tutorial, vlog, ebook, infografis misalnya.

14. Beritahukan tentang ecourse gratis, podcast yang sering anda ikuti atau tiket seminar yang akan berlangsung.

15. Buat tanya jawab tenntang suatu topik yang menarik bagi anda.

16. Buat tutorial saat anda menggunakan sesuatu pada kehidupan sehari-hari(misalnya: aplikasi, tools, camera)

17. Cari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin bisa anda jawab lalu buat jawaban tersebut sebagai konten blog anda, sebagai referensi anda dapat mencarinya di forum, sosial media atau quora.

18. Tulis jawaban dari masalah-masalah yang mungkin visitor anda hadapi sehingga konten tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka.

19. jelaskan tentang plan anda kedepan, pacuh dirimu dengan menawarkan pengunjung untuk ikut, misalnya challenge untuk minum 5 liter air mineral setiap hari dalam seminggu, dan post di sosial media, jangan lupa gunakan hashtag yang relevan.

20. Buat list blog yang sering anda baca atau anda ikuti yang mungkin menginspirasi kehidupanmu.

21. Balas komentar pengunjung pada post yang mungkin anda lewatkan.

22. Tuliskan skill yang dibutuhkan untuk menulis blog yang sejenis dengan topik yang anda buat.

23. Tulis daftar film yang telah menginspirasi hidup anda untuk menjadi Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog

24. Begitu juga dengan daftar buku yang menginspirasi hidup anda.

25. Membuat review produk yang biasa anda gunakan sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

26. membuat vlog atau video tutorial untuk menggunakan suatu alat, mesin ketik misalnya.

27. Jelaskan suatu topik yang sedang viral, namun coba ulas dengan sudut pandang yang lain.

Menarik bukan?

Semoga Ide menulis blog ini bermanfaat, memberikan anda banyak ide untuk menulis dan membuat anda lebih produktif lagi dalam menulis, silahkan tinggalkan komentar dan sampai ketemu di post selanjutnya.

2 Replies to “Ide Awal Untuk Menulis Artikel di Blog: Lengkap

  1. Sama saya kadang ngebleng pikiran. Dikepala banyak selali ide-ide yang mau ditulis, giliran didepan komputer jadi bengong sendiri. Saya jarang sekali bisa membalas komentar, maklum hemat kuoata.

    1. Saya dlu sering begitu mas, tapi ya sekarang kalau ada ide pasti langsung dicatet atau di ketik di note, sayang ada ide tapi hilang ditelan bumi, dan otanya terbatas utk sekedar nyimpen diotak saja haha, salam kenal mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *